PERKEMBANGAN MUSIK INDONESIA SETELAH ORDE BARU

0
70

Perkembangan musik di Indonesia dimulai saat Abdurrahman Wahid alias Gus Dur dipilih secara demokratis pada 1999, dimana perusahaan rekaman musik di Indonesia mulai merangkak bangkit dan membuka kembali bisnisnya.

Perkembangan di dunia pers musik Indonesia pun tak mau kalah, NewsMusik dimana pada masanya majalah ini dianggap meniru konten tulisan dari majalah Rolling Stone buatan Amerika, mulai terbit untuk pertama kalina pada Januari 2000 dan sayangnya majalah ini berhenti di akhir tahun 2002.

Industri musik Tanah Air kian memulih dalam rentang waktu 1999 sampai dengan 2001 atau pada masa Reformasi, namun ternyata banyak lagu-lagu yang dibuat oleh grup rock ‘Underground’ Indonesia justru bernada protes, bersifat sinis dan sindiran mengenai keadaan masa itu yang tak sejalan dengan cita-cita Reformasi.

Seakan mengimbangi perkembangan industri musik, ternyata pembajakan pun marak terjadi di Indonesia. Buku berjudul ‘Modern Noise, Fluid Genres: Popular Music in Indonesia 1997-2001, karya Jeremy Wallach. Disana Wallach mencatat, bahwa rasion pembajakan yang terjadi saar Era Reformasi sekitar 1:8, bahkan angka ini lebih besar dibanding pada tahun 1990-an atau sebelum kriris moneter terjadi yakni berkisar di angka 1:6.

Hal ini tak membuat industri musik di Indonesia berkecil hati, bahkan label rekaman nasional saja mampu bersaing secara ketat dengan label rekaman berskala multinasional seperti Sony dan BMG.

Source : Foto dari pophariini.com dan arsip dari berbagai media berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here